Sistem Penyediaan Energi Tenaga Surya

Memperkenalkan Tenaga Matahari sebagai sumber tenaga yang menjanjikan!

Listrik telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sekarang. Tanpa adanya listrik – sebagian besar kegiatan sehari-hari kita akan terganggu bahkan ada yang terhenti total. Di sisi lain ketersediaan listrik kadang tidak memadai terhadap penggunaan. Karena itu keberadaan sumber tenaga listrik yang terbarukan - menggantikan batu bara dan minyak bumi – diperlukan.

Tenaga matahari sebagai sumber tenaga listrik alternatif telah menjadi pilihan selama beberapa dekade terakhir – tapi baru beberapa tahun belakangan setelah ada beberapa kemajuan teknolog yang menjadikan mono/poly sell lebih ekonomis menjadikannya jauh lebih terjangkau masyarakat umum. .

Cara Kerjanya

Pada dasarnya, yang digunakan dari sinar matahari adalah Photon yang dilepaskan oleh sinar matahari. Photon ini akan mengenai atom silica pada solar cell, dan mentransfer energy ke elektron yang lepas. Electron yang lepas ini yang kemudian dikumpulkan untuk dijadikan arus listrik yang dikembangkan menajdi tenaga listrik. Sinar matahari yang mengandung photon yang bisa dirubah berbeda beda setiap jam nya dan lokasi penerimaan efektifnya. Karena ini, area di seluruh bumi akan memiliki waktu effectif untuk penerimaan photon dari matahari berbeda antara satu area dengan area lain.

Photon yang telah dirubah menjadi tenaga listrik bisa disimpan dalam bentuk baterai (arus DC) ataupun rubah menjadi listrik siap pakai seperti dari PLN langsung (AC).

Tipe dan spesifikasi Sistem Tenaga Surya

off grid system

Off Grid System

Sistem ini biasa digunakan bila sama sekali tidak ada listrik dari PLN – dan sistem perlu dilengkapi oleh baterai agar listrik akan tetap ada apabila sinar matahari sudah tidak bersinar. Jumlah solar cell akan dihitung untuk kebutuhan perhari agar dapat mengisi ulang baterai serta menyediakan tenaga untuk dipakai langsung.

 
on grid system

On Grid System

Sistem ini digunakan apabila ada sumber tenaga listrik dari PLN. Energi listrik yang dihasilkan dari solar cell dan listrik dari PLN dapat digunakan secara bergantian – karena tenaga matahari tidak dapat menyediakan listrik untuk 24 jam/hari. Dengan adanya meteran kWh yang export – import (meteran khusus) – maka bila ada lebihan listrik yang dihasilkan – akan dapat disetorkan pada PLN. Kelemahan dari sistem ini adalah, apabila PLN mati – maka system inipun akan mati, walaupun solar cell masih mampu menghasilkan arus listrik.

 
hybrid grid system

Hybrid System

Ini merupakan sistem gabungan antara sistem off grid dan on grid – dimana sistem dilengkapi dengan baterai sesuai dengan berapa lama direncanakan untuk mensupport kebutuhan listrik sehingga bila listrik mati – dan solar cell masih mampu menghasilkan listrik – maka masih mampu untuk menggunakan listrik – ataupun dapat menggunakan baterai bila solar cell sudah tidak produksi – sejumlah arus yang tersimpan dalam baterai tersebut.

Daftar Produk Sistem Tenaga Surya

solar panel

Poly Solar Panel

Power Range 230W-260W

 

 
battery

Battery Manufacture

 

 
power inverter

Power Inverter

 

Keuntungan Sistem Hibrida

Contoh perhitungan utilisasi daya sistem hibrida

Beban daya Sistem

  • Untuk Pompa, Lampu, AC , Kompressor dll
  • Total daya 30 Kw
  • Jam operasi 8 jam/hari
  • Kebutuhan daya = 30 kw x 7 jam/hari = 210 kwh/hari
  • Biaya PLN ( 100 % daya dari PLN ) = 1.350 Rp/kwh x 210 kwh/hari x 30 hari = 8.505.000 Rp/bulan

Sistem Tenaga Surya

  • Total solar sistem terpasang 45 KW
  • Produksi daya oleh solar sistem = 45 kw x 5 jam/hari = 225 kwh/hari
  • Equivalent saving cost : 225 kwh/hari x 30 hari x 1.350 Rp/kwh = 9.112.500 Rp/Bulan

Kesimpulan

Bila sistem /IPA hanya beroperasi 7 jam/hari ( siang maupun malam ), maka tidak ada biaya listrik yang dibayar ke PLN karena produksi daya solar sistem > daya yang diperlukan.

Sistem dapat dilengkapi dengan battery , dan hanya digunakan bila daya dari PLN dan Solar Sistem < daya yang diperlukan , tetapi kapasitas battery relatif kecil , yaitu bila didesign untuk 2 jam operasi maka hanya diperlukan battery : 40 buah ( 12 V , 250 AH).

Bila pada siang hari, produksi daya solar sistem > daya yang dibutuhkan , maka kelebihan daya tersebut dapat dikirim ke jaringan PLN yang diukur dengan KWH meter EXIM, dalam hal ini kita menggunakan jaringan PLN sebagai “ power storage “ yang mana daya tersebut dapat digunakan bila dibutuhkan

Daftar Produk Tenaga Surya

  1. Sistem Tenaga Surya Off Grid 900 WATT- 1MWATT
  2. Sistem Tenaga Surya On Grid 3 KWATT-1MWATT
  3. Sistem Tenaga Surya Hibrida 3 KWATT-1MWATT
  4. Sistem Tenaga Surya Mudah Dipindahkan 10 WATT-150 WATT

Referensi Sistem Tenaga Surya

No

Nama

Tipe Tenaga Surya

Tahun

Foto

1

Solar System UNS, Solo

Off-Grid 30KW

2015

2

Solar Sistem-BSB, Bogor

Hybrid - 5 KW

2016

3

Solar System-WTP-Enggano, Bengkulu

Off Grid - 2 x 7.5 KW

2016

N/A

4

Solar System-WTP, Natuna

Off Grid - 7 KW

2016

N/A

5

Solar System-WTP, Sebatik

Off Grid - 3 x 5KW

2016

N/A

6

Solar System SWRO-Takalar, Sulawesi Selatan

Hybrid - 103KW

2016

N/A

7

Solar System-SWRO-Maratua,Kalimantan Timur

Hybrid - 74 KW

2016

N/A